Ceker Makaroni masak Kecap Pedas

14.17
Menu ini sebenarnya resep modifikasi seblak, namun saya tidak memasukkan kerupuk mentah ke dalamnya. Entah kenapa saya suka sekali dengan rasa unik seblak, campuran kencur yang menyengat membuat selera makan saya bertambah.

Di resep kali ini saya memang banyak ber-eksperimen di dalamnya. Mencoba hal baru yang mungkin bisa di masukkan ke dalamnya. Tapi jangan khawatir dengan rasanya, dijamin mantap!!
Yuk di coba sekarang :)


Bahan :
1/2kg ceker
1 genggam makaroni kering
Air
1 ruas jari kencur
2 siung bawang putih
5 buah cabe ( bisa di sesuaikan dengan anda)
1 sdt gula dan garam
1 sdt kaldu bubuk
2 sdm soy sauce
1 sdm saos cabe
1 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen

Cara Buat :
Bersihkan ceker, buang kuku2nya. Rebus ceker dengan air sampai benar2 empuk. Saya merebusnya kira2 20 menit.

Ulek bawang putih, kencur dan cabe sampai halus.
Tumis dengan sedikit minyak goreng sampai benar2 matang dan harum. Tambahkan air kira2 100ml.

Masukkan saos cabe, kecap, soy sauce dan minyak wijen, aduk sampai rata. Masukkan ceker yang sudah di rebus, tambahkan 250ml air dan masak sampai bumbu meresap dalam ceker.

Setelah ceker empuk dan air sudah sedikit menyusut, masukkan makaroni, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata dan koreksi rasanya.
Masak sampai makaroni matang dan mengembang.

Tata di mangkuk dan taburi dengan bawang goreng. Ceker makaroni masak kecap pedas siap di nikmati :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »