Resep Sop Ayam Sederhana

15.17
 Sudah satu minggu ini suami saya bilang mau diet. Berat badan berlebih akan sangat menyulitkan pekerjaannya nanti. Maka dari itu beliau bertekad untuk sedikit menekan pola makannya.

Suami saya setiap saya tanya mau makan apa, pasti jawabnya "kentaki". Yah.. ayam goreng tepung yang gurih renyah namun juga kurang baik jika dimakan setiap hari. Beliau suka sekali ayam goreng tepung. Sampai2 saya bisa stok tepung bumbu serbaguna di rumah hingga beberapa kantong.  Beliau ini jarang sekali makan sayur, malah hampir tidak pernah. Akhirnya karena beliau sendiri memutuskan untuk diet, saya jadi bisa menyisipkan menu sayur dalam menu makanan sehatnya. Salah satu andalan saya ketika masak sayur adalah sop. Sayur ini yang paling disukai di antara sayur lainnya, jadi saya putuskan untuk membuat sayur sop ayam ini untuk beliau. Yuk di coba :)


Bahan :
2 buah wortel
5-8 buncis
1/4 bagian kol/ kubis kecil
1 buah kentang ukuran sedang
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
Garam dan gula secukupnya
2 potong ayam ( saya pakai sayap ayam)
1 batang daun bawang
1 batang seledri

Cara buat :
- bersihkan wortel dan potong2 sesuai selera, bersihkan buncis dengan memotong ujung2nya dan potong sesuai selera, kupas kentang dan potong dadu. Masukkan dalam satu wadah
- bersihkan kubis, potong sesuai selera. Masukkan dalam wadah terpisah dari sayuran lainnya.
- goreng bawang putih sampai matang. Lalu ulek bersama merica, gula dan garam.
- bersihkan ayam lalu rebus dengab sedikit air sampai matang. Buang air rebusan pertama, lalu rebus lagi dengan 1 liter air.
- masukkan sayur pada baskom pertama ( wortel, kentang dan buncis), rebus sampai sayurnya setengah matang.
- lalu masukkan bumbu yang sudah di ulek tadi, aduk rata dan koreksi rasanya. Tambahkan gula garam jika kurang pas, atau bisa ditambahkan kaldu bubuk jika pakai.
- masukkan kubis, daun bawang, dan seledri yang sudah di rajang. Aduk rata dan masak sampai ayam dan sayur matang semua.
- setelah semua matang, tata di mangkuk dan taburi dengan bawang goreng.

Sop ayam siap dinikmati :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »