Kolak Kacang hijau dan Pisang

09.11
Kolak memang identik dengan suasana ramadhan yah teman. Saat ramadhan hampir semua penjual makanan untuk berbuka pasti menyediakan menu ini. Rasanya yang manis dan aromanya yang khas dapat membuat badan yang seharian lemas karena puasa menjadi segar kembali.

Namun di saat seperti ini, di bulan november, yang hampir setiap hari turun hujan, menyediakan menu kolak untuk keluarga tidak ada salahnya. Rasa hangat dan kebersamaan saat menyantap hidangan ini bersama anggota keluarga, apalagi saat turun hujan, menjadikan suasana rumah menjadi lebih harmonis.

Banyak bahan yang bisa kita buat menjadi kolak, antara lain kacang hijau, ketela pohon, pisang, nangka atau bahkan ubi. Namun di resep yang saya bagi kali ini hanya ada 2 bahan saja, tapi untuk rasanya.. dijamin mantap!! Yuk mari di coba :)


Bahan :
2 buah pisang (saya pakai pisang candi)
1 mangkuk kecil kacang hijau
1 sachet santan instan, larutkan dengan segelas air
1 lt air
Sejumput garam
100 gr gula merah
50 gr gula
1 lembar daun pandan

Cara Buat :
- cuci bersih kacang hijau, masukkan dalam panci dan tambahkan 500 ml air dan daun pandan, rebus sampai kacang hijau empuk
- saat kacang hijau masih setengah matang, tambahkan pisang yang telah di iris sesuai selera anda, gula merah dan sejimput garam. Jangan banyak2 menambahkan garam, hanya butuh sedikit saja. Lalu masukkan sisa bagian air yang masih ada.
- tambahkan larutan santan ( 1 sct santan instan yang dilarutkan dengan segelas air)
- masukkan gula dan aduk sampai tercampur rata. Masak hingga semua bahan menjadi lunak dan empuk.
- koreksi rasanya, tambahkan air jika terlalu manis
- cek apakah kacang hijau sudah benar2 empuk.
- jika semua bahan sudah matang sempurna, kolak kacang hijau dengan pisang siap disantap. :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »