Cilok Aci Bumbu Kacang

10.59
Siang tadi cuaca sudah mulai menunjukkan hawa hawa akan turun hujan lebat nantinya. Awan hitam mulai berkumpul seperti telah siap menumpahkan seluruh isinya ke muka bumi. Dan pada akhirnya, tepat sebelum adzan ashar air sudah jatuh dengan sangat derasnya. Disertai dengan suara gemuruh menambah suasana semakin menjadi dingin. 

Seperti biasanya, cuaca yang seperti ini membuat mulut nakal saya ingin menyantap sesuatu yang hangat yang bisa menenangkan perut lapar saya. 
Mau keluar rumah untuk sekedar beli camilan rasanya kok yah malas sekali, basah.. becek.. menyurutkan niat saya. Akhirnya saya ke dapur dan mencari cari apakah ada bahan makanan yang bisa saya olah saat ini tanpa harus keluar rumah.

Di dapur kecil saya memang selalu sedia stok tepung untuk keadaan darurat seperti saat ini. Entah nanti di bikin bakwan atau seperti resep yang akan saya share untuk kalian saat ini, cilok aci bumbu kacang. Dengan bahan seadanya, dan proses yang mudah membuat saya semangat untuk memenuhi hasrat ngemil saya. Yuk mari di coba. :)

Bahan :
7 sdm tepung kanji
5 adm tepung terigu
1 sct kaldu bubuk instan ( saya pakai masako)
Sejumput garam
Air

Bahan Bumbu Kacang
1 genggam kacang tanah goreng
3 buah cabe rawit ( bisa disesuaikan dengan selera anda,)
Sejumput garam
2 sdm saos cabai
1 sdm kecap 
Air


Cara buat
Didihkan air. Campur tepung terigu, kanji, garam dan kaldu bubuk, aduk rata dan buat lubang di tengahnya. Masukkan sedikit semi sedikit air yang sudah mendidih tadi dan uleni sampai kalis. 
Adonan ini nantinya tidak pekat yah teman, jadi tambahkan air sedikit demi sedikit saja agar tidak terlalu lembek adonannya nanti.

Setelah adonan siap dan bisa di pulung, cetak adonan menjadi bulatan2. Lakukan sampai habis.
Didihkan air, dan masukkan adonan yang sudah di cetak kedalam air mendidih. Rebus cilok sampai mengambang. Biarkan sebentar agar cilok benar2 matang sampai kedalam. Setelah beberapa saat setelah mengambang, angkat cilok dan tiriskan. 
Boleh dimasukkan salam panci kukusan agar tetap hangat.

Cara buat bumbu kacang :
Ulek kacang, cabai, dan garam sampai halus. Setelah halus masukkan dalam mangkok dan tambahkan saos cabai dan kecap. Aduk rata semua dan tambahkan sedikit air, kira kira 3-4 sdm air matang.
Cicipi rasanya, tambahkan garam bila dirasa kurang pas.

Tata cilok dalam mangkok dan siram dengan bumbu kacang. Cilok aci siap dinikmati. :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »