Mie godhog a.ka Mie Rebus

03.28
Sudah 1 minggu ini hujan mengguyur desa saya, setiap siang sampai malam ribuan kubik air selalu turun disini. Dan hawa dinginpun mulai merasuk di setiap sudut rumah. Cuaca seperti ini membuat mulut nakal saya ingin menyantap sesuatu yang hangat dan nyaman dibadan. Akhirnya mulailah saya cari-cari resep di internet yang bisa saya praktekan. Resep yang mudah dan bahan yang tidak terlalu sulit didapat adalah resep yang pas untuk saya yang masih amatir dalam hal memasak. Pilihan resep kali ini jatuh pada mie godhog atau mie rebus buatan mbak diah didi. Resep yang simple dan mudah untuk saya praktekan sendiri di rumah. Sebenarnya ada stok ayam mentah dalam freezer, tapi karena saya terlalu malas untuk mengolahnya jadilah mie godhog ini ala kadarnya. Anda bisa menambahkan bahan pelengkap seperti bakso, ayam atau telur sesuai selera anda. Yuk ah mulai memasak. :)

Bahan :
Mie kuning secukupnya
Air +/- 500ml ( kurangi atau tambahkan sesuai selera anda)
2 butir kemiri goreng
2 siung bawang putih goreng
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula dan garam
Cabe rawit sesuai selera
Kaldu bubuk secukupnya

Pelengkap : bawang goreng
                      Daun bawang

Cara buat :
Ulek kemiri, cabe rawit dan bawang putih sampai halus.
Tumis bumbu dengan 2 sdm minyak, tumis sampai bumbu matang dan tercium bau harum.
Tambahkan air dan tunggu sampai mendidih.
Masukkan mie kuning dan aduk sampai mie terurai, tunggu sampai mie setengah matang.
Setelah mie sudah setengah matang, masukkan merica, gula, garam dan kaldu bubuk. 
Koreksi rasanya, tambahkan gula atau garam jika dirasa kurang sedap atau tambahkan jumlah air jika rasanya terlalu asin. 
Masak mie sampai benar2 matang.
Tata mie dalam mangkuk, dan taburi dengan bawang goreng serta daun bawang.
Mie godhog siap dinikmati selagi hangat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »