Baceman Mangga Muda

00.33
Hai teman teman sekalian... Di tempat saya lagi musim mangga nih. Cara terbaik untuk tetap sehat dengan makan buah adalah dengan memanfaatkan musim buah yang sedang terjadi. Harga yang murah harus banget kita manfaatkan untuk makan buah sebanyak banyaknya.

Kebetulan di samping rumah ada sebuah pekarangan yang ditanami pohon mangga, entah apa anda menyebutnya, saya biasa bilang ini pohon lali jiwo, ada titik titik madu gitu ditengahnya. Pohon mangga ini milik seorang cina yang sebelumnya punya pabrik pengolahan padi disini, namun karena pabriknya gulung tikar akhirnya pekarangan beserta pohon mangga yang lebat ini dibiarkan begitu saja. Ketika musim mangga datang seperti ini biasanya pemiliknya akan memanen semua pohon mangga yang ada, dan saya sebagai tetangga biasanya kecipratan manisnya mangga mereka, hehehhe

Mangga yang saya dapat kali ini saya memilih buah yang masih setengah matang, rasanya lebih mantap digigit karena masih memiliki tekstur yang keras. Rasanya mantap nih kalau dibikin baceman. Rasanya akan segar pedas dan manis menjadi satu. Yuk intip resepnya :)

Bahan :
2 buah mangga muda atau setengah matang
3 buah cabe rawit
4 sdm gula
1/2sdt garam

Cara Buat :
- cuci mangga sampai bersih. Kupas kulitnya.
- potong mangga menjadi ukuran kecil2 dan tempatkan dalam wadah lebih besar dari isinya.
- tambahkan cabe rawit yang sudah di rajang
- tambahkan gula dan garam. Aduk sampai rata.
- diamkan kira2 satu malam dalam lemari es.
- baceman mangga muda siap di nikmati.

Jangan tambahkan air yah teman, karena nantinya baceman ini akan ber air sendiri dari larutan gula nantinya. Rasanya yang sedikit pedas dan segar ini cocok dinimati saat siang terik. Selamat mencoba :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »