Resep Soto Daging

17.43


Hmm.. Desember memang bulannya air yah.. kalo kata orang jawa Desember itu kepanjangan dari gede geDe ne SumBer (paling besar mata airnya). Setiap hari dari sore sampai malam selalu diguyur hujan. Membuat halaman depan rumah menjadi super becek dan tidak sempat mengering. Tapi di sisi lain, kita jadi tidak perlu repot lagi untuk menyiram tanaman bukan? Hehehe. Memang di balik semua yang allah berikan pasti ada hikmah di baliknya.

Di musim hujan seperti sekarang, memang cocoknya makan makanan yang hangat berkuah dan sedap di lidah. Kemarin ibuk beli tetelan daging sapi di abang mlijo (penjual sayur), entah mau buat apa kata ibuk, lihat tetelan plus dengan balungan yang di timbang hampir setengah kilo itu di bandrol cuma Rp. 7000 itu membuat ibu saya tidak tahan untuk membelinya. Yah begitulah ibu saya, tidak bisa melewatkan barang murah nan bagus. Tapi setelah sampai rumah, saya buka bungkusan tetelan daging tersebut, ternyata isinya tak lebih cuma sekedar gajih dan balungan saja, tidak ada sesetan daging sama sekali. Akhirnya saya membelikan beberapa tambahan daging rawonan agar tetelan tersebut tidak terbuang sia sia. Karena saya ingin makan soto daging, akhirnya tetelan tersebut jadilah soto daging seperti resep yang akan saya share kali ini. Resep ini cukup mudah dengan bahan yang cukup mudah di dapat. Yuk si coba :)


Bahan :
1/4kg tetelan daging sapi
1/4kg daging sapi
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
2 ruas jari kunir
1 sdt ketumbar
1sdt merica bubuk
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh
1 batang besar daun bawang
3 buah kemiri goreng
Air
Gula dan garam secukupnya

Pelengkap:
toge ekor pendek
Koya
Jeruk nipis


Cara buat :
- potong daging dan tetelan sesuai selera, jangan terlalu besar agar daging cepat empuk. Masukkan dalam panci dan beri air sampai menutupi daging. Rebus sampai mendidih dan kotoran yang menempel di daging keluar. Buang air rebusannya dan ganti dengan air baru. Masak lagi sampai mendidih
- haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunir, ketumbar, dan merica sampai halus.
- tumis bumbu halus dan tambahkan sereh yang di ambil putihnya saja dan di geprek, dan daun jeruk. Tumis sampai bumbu matang.
- masukkan bumbu yang telah matang kedalam panci rebusan daging, aduk rata.
- beri gula dan garam, koreksi rasanya.
- rajang daun bawang dan masukkan dalam rebusan soto daging tadi. Masak sebentar sampai semua matang dan daging empuk.

Cara penyajian :
Tata lontong dalam mangkuk, siram dengan kuah soto, taburi dengan koya, toge ekor pendek dan perasan jeruk nipis. Nikmati selagi hangat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »